Minggu, 29 Agustus 2010

KEGIATAN RAMADHAN 1431 H MASJID BAITUL IMAN

PEMBERIAN SANTUNAN ANAK YATIM PIATU

Oleh : Muchsin Nasution

Albaqoroh 215 :
Mereka bertanya kepadamu tentang apa yang mereka nafkahkan. Jawablah : "Apa saja harta yang kamu nafkahkan hendaklah diberikan kepada ibu-bapak, kaum kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan." Dan apa saja kebajikan yang kamu buat, maka sesungguhnya Allah Maha Mengetahui.

Albaqoroh : 261 :
Perumpamaan ( nafkah yang di keluarkan oleh ) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah. Adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir, seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (kurnia-Nya) lagi Maha Mengetahui.

Dua ayat diatas begitu jelas diterangkan Allah SWT, betapa mulianya bila sebagaian dari harta kita, dapat kita nafkahkan kepada orang - orang miskin dan yatim piatu. Apa lagi mengingat  janji Allah bahwa pemberian tersebut akan mendapat ganjaran pahala kepada siapa saja yang mau menafkahkan sebagaian harta mereka kepada kaum kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan.

Berdasarkan dari kedua Firman tersebut, Takmir Masjid Baitul Iman berinisiatif untuk  melaksanakan acara pemberian santunan tersebut kepada anak - anak yatim piatu yang ada disekitar perumahan Surya Regency sekaligus bertepatan dengan memperingati malam Nuzul Qur'an 1431 H. 

Meskipun acara ini baru pertama sekali dilakukan di Masjid Baitul Iman, namun respon masyarakat perumahan begitu antusias untuk berpartisipasi secara bersama-sama. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya sumbangan warga, yang diperoleh panitia pelaksana, sehingga melebihi anggaran awal yang direncanakan. Dimana dalam anggaran awal yang diedarkan kepada warga sebagai proposal, sebesar Rp 3.000.000,- dan Alhamdulillah hasil yang diperoleh sampai pada tanggal rapat kepanitiaan terakhir sebesar Rp 14.075.000,-.

Pada awalnya, kegiatan ini diawali dari usulan ibu-ibu jam’ah Masjid, yang berkoordinasi dengan Takmir Masjid Baitul Iman agar mereka diberi kesempatan untuk melakukan kegiatan ini. Melihat usulan yang cukup baik tersebut Takmir Masjid Baitul Iman, segera melakukan rapat koordinasi dengan para pengurus takmir sekaligus pembentukan kepanitiaannya. Dan dari rapat koordinasi tersebut Takmir Masjid Baitul Iman meminta agar seluruh jajaran kepanitaan adalah para-para ibu-ibu jamah Masjid yang juga merupakan sebagai penggagas ide awalnya.

Akhir dari rapat terakhir kepanitiaan, yang dilakukan pada tanggal 28 Agustus 2010 disepakati bahwa jumlah sumbangan warga sebesar Rp 14.075.000 tersebut seluruhnya akan dialokasikan untuk diberikan kepada anak-anak yatim piatu yang telah didata didaerah sekitar perumahan Surya Regency meliputi Kel. Krambong, Seruni, dan Keboan Sikap.  Kemudian kesepakatan lain dari panitia diputuskan juga bahwa jumlah anak yatim piatu yang akan mendapat santunan bertambah dari rencana awal sebanyak 50 orang menjadi 70 orang. Dengan per anak akan memperoleh santunan sebesar Rp 175.000,-.

Disamping pemberian berupa uang, anak-anak tersebut juga akan memperoleh bingkisan kosumsi berupa makanan serta alat-alat tulis yang merupakan sumbangan warga secara spontanitas.

Melihat dari semangat dari para panitia pelaksana tahun ini serta partisipasi masyarakat yang begitu besar, sudah sewajarnya kita berdo’a agar acara ini bisa terselenggara dengan baik serta bisa dilakukan secara rutin setiap tahunnya sebagai bentuk kepedulian kita kepada anak-anak yatim yang ada disekitar tempat tinggal kita ini. Allahu'alam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar